Bahasa Arab Dasar dengan Anki

Bulan Ramadhan kemarin saya ikut kelas Bahasa Arab. Saya ikut karena kelas itu gratis alias tidak bebayar. Namun karena hanya sebulan, dua kali seminggu, itu saja dua minggu terakhir jadi sekali seminggu, tidak banyak yang saya pelajari. Hanya beberapa salam, percakapan sederhana, angka, dan sedikit ini-itu. Karena itu saya mencari materi belajar Bahasa Arab di Internet, tentu saja yang gratisan. Saya menemukan beberapa materi yang bisa diunduh dan juga materi belajar online, salah satunya adalah di badaronline.

Sebenarnya materi di badaronline cukup bagus, berupa materi untuk dibaca dan audio untuk didengarkan, namun banyak sekali istilah-istilah untuk dihafalkan. Bayangkan, dalam Bahasa Inggris saja saya tidak terlalu hafal tentang istilah-istilah seperti gerund, participles, dan sebagainya; padahal saya belajar Bahasa Inggris sudah lama sekali dan sudah tidak berada pada level dasar. Pada waktu belajar di bulan Ramadhan kemarin juga lebih banyak praktek daripada teori, karena memang di kelas itu kami sepakat bahwa “language is habit.” Sedangkan materi di badaronline penuh dengan istilah-istilah yang harus dihafalkan, padahal masih level dasar.

Mungkin memang begitu seharusnya cara belajar Bahasa Arab, saya tidak tahu. Memang setahu saya bangsa Arab bangga dengan kemampuan hafalan mereka. Namun saya sadar kemampuan hafalan saya tidak sebagus mereka, mungkin karena faktor genetis, mungkin karena tidak terbiasa menghafal saja. Karena itu saya menggunakan senjata yang biasa saya gunakan untuk membantu menghafal, yaitu Anki. Anki adalah program spaced repetition flashcard, yang juga bisa diakses secara online baik dari desktop/laptop maupun perangkat mobile.

Saya membuat deck (kumpulan kartu untuk dihafalkan) berdasarkan istilah-istilah yang terdapat di situs badaronline, yaitu untuk materi Bahasa Arab dasar. Saya menyesuaikan beberapa penulisan, yaitu huruf o’ saya jadikan ‘a’. Bagi Anda yang ingin belajar Bahasa Arab, baik menggunakan materi di badaronline atau tidak, bisa menggunakan deck yang telah saya buat untuk membantu proses belajar Anda, terutama untuk menghafal istilah-istilah yang ada.

Deck bisa Anda download dari indowebster.

Semoga bisa membantu, dan semoga niatan Anda belajar Bahasa Arab mendapatkan ganjaran yang besar dari Allah SWT. Amin.

Tinggalkan Balasan

