Bengkel Moril

Mechanical heartDisclaimer: Entry ini  saya tulis lima tahun yang lalu (27-10-2006) sehabis mudik. Saya post dengan hampir tanpa perubahan, tulisan ini minimalis dan butuh elaborasi.

Waktu perjalanan mudik kemaren, aku liat tulisan di pinggir jalan: BENGKEL MORIL. emang sih setelah dipikir2 lagi sebenarnya aku salah liat, yang bener ya tentu aja: bengkel mobil. Tapi waktu itu aku jadi senyum2 sendiri, soalnya kebayang kalo seumpama moril atau moral seseorang itu bisa diibaratkan mobil, yang bisa rusak, ngadat, perlu ganti olie, tune up, dsb; trus ada bengkel khusus moril di mana kita bisa menservis moral kita di situ. Seumpama bisa sepraktis itu tentu akan asyik, banyak masalah di dunia ini akan bisa diselesaikan, atau paling nggak dikurangi secara signifikan, ya tho…? Heleh, jadi sok mikirin masalah dunia lagi… tapi emang praktis sih kalo semua orang yang moralnya rusak bisa mbawa moralnya itu ke bengkel khusus moral.

Tapi mungkin nggak juga ya, jangankan moral, lha wong orang yang males (atau sengaja nggak) mbawa kendaraannya ke bengkel meskipun udah rusak aja masih banyak. He he, jadi ngomongin diri sendiri, en kepikiran si motor yang rusak berat.. spido, kilometer, pelg, ganti oli, dll yang diperluiin tuh motor. Tenang Tor (catatan: sebenarnya namanya Jupri), ntar aku bawa kamu ke bengkel deh, masalah kapan, dipikirin ntar aja, hehe (nah, moral yang kayak gini nih yang perlu dibawa ke bengkel!).

Eh jadi ngelantur. Oh iya, kemaren waktu perjalanan pulang aku juga ngeliat tulisan: UCI MOBIL. Jadi kepikiran Uci, temenku SD, yang dulu ndut tapi sekarang (benernya dah dari dulu juga) kayaknya (setauku) langsingan (sori Ci’, jadi ngrasanin kamu…). Tapi secepat aku kepikiran si uci, secepat itu juga aku kepikiran tulisan yang aku liat kemarennya tadi: bengkel moril. Tulisan yang ini (benernya sih cuci mobil), buat aku jadi berandai2 lagi seandainya moril (moral) itu bisa dicuci. Moral yang kita punyai yang (kayak mobil) bisa kotor terkena noda , kalo bisa dicuci tentu akan sangat convenient sekali. Moral semua orang bakalan bersih, soalnya kalo kotor tinggal cuci aja, kayak nyuci mobil atau… baju!

Waduh.. jadi inget tumpukan baju+celana, dll yang masih numpuk… belom lagi si motor… udah ah, gak usah berandai2 ttg moral n segala macem, ngurusin (mengurusi, bukan mengkurusin… lha wong aku dah kurus) yang ini2 dulu aja…

Tinggalkan Balasan

