Bengkel Moril

Mechanical heartDisclaimer: Entry ini  saya tulis lima tahun yang lalu (27-10-2006) sehabis mudik. Saya post dengan hampir tanpa perubahan, tulisan ini minimalis dan butuh elaborasi.

Waktu perjalanan mudik kemaren, aku liat tulisan di pinggir jalan: BENGKEL MORIL. emang sih setelah dipikir2 lagi sebenarnya aku salah liat, yang bener ya tentu aja: bengkel mobil. Tapi waktu itu aku jadi senyum2 sendiri, soalnya kebayang kalo seumpama moril atau moral seseorang itu bisa diibaratkan mobil, yang bisa rusak, ngadat, perlu ganti olie, tune up, dsb; trus ada bengkel khusus moril di mana kita bisa menservis moral kita di situ. Seumpama bisa sepraktis itu tentu akan asyik, banyak masalah di dunia ini akan bisa diselesaikan, atau paling nggak dikurangi secara signifikan, ya tho…? Heleh, jadi sok mikirin masalah dunia lagi… tapi emang praktis sih kalo semua orang yang moralnya rusak bisa mbawa moralnya itu ke bengkel khusus moral. Baca lebih lanjut