Menghafal Nama Surah Al-Qur’an dengan Anki

Catatan: Tulisan ini sudah outdated karena format file sudah tidak di-support oleh Anki versi terbaru yang menggunakan format data baru.

Mumpung lagi bulan Ramadhan, saya ingin menulis hal-hal yang Islami. Tapi untuk sementara ini, saya ingin posting tentang Anki. Secara singkat Anki adalah program untuk menghafal sesuatu dengan spaced repetition flashcard. Anki bersifat cross-platform, sehingga bisa digunakan dari banyak sistem dan perangkat, mulai PC, Mac, Linux, iPhone, Android, dan mobile phone lain. Anki juga bisa diakses secara online baik dari desktop/laptop maupun perangkat mobile. Saya telah menggunakan Anki untuk membantu saya belajar bahasa Jepang dan Jerman, dan memang cukup membantu.

Nah, karena sekarang bulan Ramadhan, saya ingin berbagi deck (semacam kumpulan kartu untuk dihafal) yang saya buat kira-kira setahun lalu. Bukan hal besar, hanya deck untuk menghafal nama surah Al-Qur’an. Mungkin sudah banyak aplikasi lain untuk hal ini, dan memang deck saya ini tidak beda jauh dengan aplikasi lainnya, hanya bedanya deck ini menggunakan Anki.

Dengan deck yang saya buat ini kita bisa menghafalkan nama surah, nomor surah, arti nama surah dalam bahasa Inggris dan Indonesia, jumlah ayat, dan jenis surah (makkiyah-madaniyah). Sebagian memang tidak ditampilkan secara default (seperti dapat dilihat di gambar atas), dan perlu dilakukan kostumasi deck.

Deck ini cocok buat yang baru belajar Al-Qur’an, seperti anak kecil dan remaja, maupun yang sudah dewasa yang masih belum hafal nama-nama surah Al-Qur’an dan nomor urutnya. Bagi saya pribadi, mengetahui nama dan nomor surah membantu saya ketika membaca artikel yang mencantumkan ayat Al-Qur’an agar mudah melakukan ricek karena kita tahu nomor surahnya yang terkadang tidak dituliskan. Secara umum, menghafal nomor dan nama surah adalah bagian dari upaya kita untuk mempelajari Al-Qur’an, yang bisa kita mulai dari hal kecil seperti ini.

Download (hapus ekstensi .docx):

surah.zip

Kalau anda mencoba deck dan menemukan kesalahan, saya hanya manusia, dan saya akan sangat berterimakasih kalau anda mau memberitahu kesalahan itu agar dapat saya perbaiki. Memang deck ini hanya hal kecil, namun saya harap akan bisa bermanfaat bagi kita. Selamat mencoba.

2 thoughts on “Menghafal Nama Surah Al-Qur’an dengan Anki

Tinggalkan Balasan

