eBook Berbahasa Jepang

Botchan

Botchan karangan Natsume Souseki

Bagi mereka yang belajar bahasa asing, latihan membaca adalah sesuatu hal yang penting. Semakin banyak membaca membuat kita semakin lancar memahami bahasa asing tersebut, terlebih lagi kalau bahasa asing tersebut melibatkan huruf dan angka yang berbeda dengan huruf dan angka yang biasa kita baca. Bahasa Jepang adalah salah satu di antaranya. Saya sudah cukup lama belajar bahasa Jepang, dan akhir-akhir ini sudah mulai jarang belajar apalagi menggunakannya. Materi bacaan berbahasa Jepang akan sangat membantu saya menjaga kemampuan bahasa Jepang saya.

Seperti halnya kita bisa mendapatkan bahan bacaan berbahasa Inggris dari situs-situs seperti Project Gutenberg dan Google Books, kita bisa mendapatkan bahan bacaan berbahasa Jepang dari situs Aozora Bunko. Di situs itu kita bisa mengunduh buku berbahasa Jepang yang sudah habis masa hak cipta-nya dan beberapa buku yang relatif baru untuk penggunaan pribadi non-komersil. Kita bisa mengunduh buku-buku tersebut dalam beberapa format seperti file teks (dengan teks ruby/furigana), expanded book (.ebk), dan XHTML (.html). Kita bisa menggunakan situs Aozora Kindle (Beta) untuk mengkonversi file-file dari situs Aozora Bunko ke format PDF yang, sesuai dengan nama situs tersebut, bisa dibaca dengan nyaman di eBook reader Kindle ataupun reader gadget lainnya.

Dua situs tersebut berbahasa Jepang, karena pada dasarnya file-file buku di situs tersebut juga berbahasa Jepang, sehingga membutuhkan paling tidak kemampuan untuk membaca huruf kanji umum. Namun apabila Anda tidak bisa membaca kanji namun tetap ingin mengunduh, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengunduh file PDF dengan tetap mempertahankan furigana:

1. Buka situs Aozora Bunko, klik salah satu huruf hiragana untuk menampilkan daftar buku berdasarkan judul (di baris 作品別),

Klik salah satu huruf hiragana untuk menampilkan daftar buku yang diawali huruf tersebut

Klik salah satu huruf hiragana untuk menampilkan daftar buku yang diawali huruf tersebut

2. Pilih buku yang ingin diunduh,

Klik salah satu judul buku untuk membuka laman buku tersebut

Klik judul buku untuk membuka laman buku tersebut

3. Copy link file unduhan yang versi dengan ruby (yang nama file-nya ada “ruby”-nya),

Copy link file ruby dengan klik kanan

Copy link file ruby dengan klik kanan

4. Paste ke kotak isian di situs Aozora Kindle,

Paste di kotak isian

Paste di kotak isian

5. Tentukan ukuran huruf di file output; kemudian klik tombol PDF化 dan proses download akan segera dimulai.

Terkadang kita tidak mendapatkan link unduh untuk versi dengan ruby. Apabila ini terjadi, kita masih bisa menggunakan link yang lain untuk mendapatkan file PDF untuk ebook reader kita, hanya saja tanpa furigana. Apabila file PDF akan digunakan pada layar yang cukup besar seperti monitor PC/laptop, layar tablet PC, atau kindle DX; mengatur ukuran huruf ke kecil (小) sudah mencukupi. Namun apabila file PDF tersebut akan dibaca pada layar yang kecil, seperti smartphone atau ebook reader seperti kindle; mengatur huruf ke ukuran besar (大) akan mempermudah untuk membacanya. Kita juga bisa mendapatkan ukuran kertas yang lebih besar dengan mode dua kolom (karena tulisan tategaki/atas ke bawah) dengan mencentang pilihan [DX対応(2段組み): ].

9 thoughts on “eBook Berbahasa Jepang

  1. wooow…. Like this Gun… It’s something that is really something. Thx alot yak buat tipsnya.. 😀

    • Itu novel bahasa Jepang, situsnya itu utk literatur berbahasa Jepang (sesuai judul artikel). Kalau translate bahasa Indonesianya mungkin ada, tapi nggak ada di situs tsb.

  2. permisi, selain di web ini ada lagi link web buat novel lama dalam bahasa jepang? buku yang saya cari ga ketemu. terimakasih

    • Saya cuma tahu Aozora Bunko yang cukup terkenal. Mungkin buku yang dicari belum di-scan atau ada kendala hak cipta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s