Borrowing

Sejak dulu aku selalu fussy kalo masalah pinjam-meminjam. Setiap kali ada yang meminjam barang padaku, aku selalu mengharapkan dia untuk menghargai barang itu. Bagiku, menghargai barang pinjaman itu sama hal halnya dengan menghargai orang yang meminjamkan, dan tidak menghargai barang pinjaman sama halnya dengan tidak menghargai orang yang meminjamkan.

Menghargai barang pinjaman bisa dilakukan dengan menjaga barang tersebut dengan baik. Sudah sepantasnya kita mengembalikan barang pinjaman dengan kondisi yang setidaknya tidak jauh berbeda dengan pada waktu kita meminjam. Bentuk lain menghargai itu adalah dengan mengembalikannya tepat waktu. Kita perlu paham kalau kita meminjam, artinya si pemilik tidak bisa menggunakan barang tersebut kalau dia membutuhkan. Mengembalikan tepat waktu akan menghindarkan kita dari membuat si pemilik repot ketika dia membutuhkan barang tersebut. Tapi bukan hanya itu, mengembalikan barang tepat waktu menunjukkan kalau kita orang yang bertanggung-jawab, dan tentu saja, orang yang menghargai orang lain.

Sudah sepantasnya kita selalu menghargai orang lain. Bagiku pribadi, menghargai atau tidak menghargai orang lain menunjukkan nilai seseorang di mataku. Mulai dari diri sendiri, mungkin itu yang bisa kulakukan saat ini. Untuk itu, setiap kali aku meminjam sesuatu, aku berusaha menghargainya. Mulai dari meminjam pada si pemilik dengan baik dan tanpa memaksa, menjaga barang tersebut ketika dipinjami, dan mengembalikan dalam kondisi baik dan tentu saja tepat waktu.


Catatan: Buat yang merasa aku pernah meminjam barangnya, dan barang tersebut rusak, aku minta maaf…

3 thoughts on “Borrowing

  1. aku termasuk yang tepat waktu apa gak mas?
    udah tak kembalikan tho…..

    diupdate dunk blognya….

    😀

Tinggalkan Balasan

