Nama dan Diriku

Sepanjang hidupku aku memiliki dua nama panggilan utama, G dan N (sengaja dibikin berupa inisial). G adalah nama biasa, dalam artian itulah namaku yang digunakan oleh orang kebanyakan untuk memanggilku. N adalah nama “kecil”ku, yang digunakan oleh keluargaku dan teman-teman dekatku. Selain  itu ada nama-nama lain, seperti Dr-a atau Vp atau Gi/Uu oleh teman yang bercanda agak mengejek. Beberapa teman perempuan menggunakan panggilan yang lebih “lucu”, seperti Dr-i, Gy, Gm, dan lain-lain. Aku juga membuat nickname buat diriku sendiri, seperti TV, No, JG, dan lain-lain termasuk Sagippio.

Dengan adanya beberapa nama berbeda, dan nama identik dengan identitas, apakah identitasku juga berubah mengikuti panggilan yang digunakan? Bisa iya bisa tidak. Aku tetaplah aku di mataku, meskipun I am what you perceive me as I am di matamu. Oke, bisa dikatakan untuk dua panggilan utama, G dan N, aku memiliki perbedaan. Perbedaan itu bisa dilihat dari ekspresi wajah dan perilaku. Those who know me as both should know the differences. Kunci untuk melihat perbedaannya bukan bagaimana aku dipanggil, tapi kondisi mental “di mana aku berada” saat dipanggil. Bisa dikatakan, aku sebagai G memakai wajah publikku, sedangkan aku sebagai N memakai wajah prifatku. N yang dilihat kebanyakan orang pun sebenarnya adalah G, kecuali bagi mereka yang benar-benar tahu aku sebagai N.

Well, sepertinya aku memiliki lebih dari satu “identitas”, tergantung nama yang digunakan untuk memanggilku. Lantas, “aku” yang bagaimana yang kamu tahu? Apakah jika kamu melihatku dengan “identitas” yang berbeda, kamu akan mengatakan kalau aku berkepribadian ganda? Atau memakai “topeng”? I am what I am, dear… If you really knew me…

 

Tinggalkan Balasan

